My Culinary Story When I Visited Singapore

Batam - Singapura, 29 Desember 2015

Hai Hai Diary, 

Hari ini aku mau menulis tentang pengalamanku saat liburan di Singapore. Sebenarnya ini cerita beberapa tahun yang lalu sih πŸ˜…, tapi karena tadi aku buka foto-foto lama di galeriku jadi keingat deh WKKWKWK. Gapapalah ya, mengenang my old memories.

Aku pertama kali liburan ke Singapore pada Desember 2015 bersama keluargaku. Yess, end of 2015 Christmas vibes. Nah jadi aku pergi lewat jalur Batam. WHY? Karena aku berasal dari Padang dan waktu itu tidak ada flight langsung dari Padang ke SG, makanya kami mencari jalur terdekat, yaitu Batam. 

Ceritanya kami sampai di Batam pada sore hari. Sebenarnya seharusnya kami sampai di Batam pada siang, hari tapi karena ada beberapa masalah 😭akhirnya kami tiba di sore menjelang malam hari. Pertama, pesawat yang akan kami tumpangi delay dan kedua bagasi seluruh penumpang pada pesawat yang akan kami naiki tertukar dengan pesawat lain sehingga menunggulah kami dibandara sekitar setengah hari. (tp gpp gaiss, kita jadiin pengalaman dan dibawa senyum aja ok??? πŸ˜„πŸ˜„)

Lanjut, kami langsung ke hotel untuk meletakkan barang dan kemudian cuss pergi ke tempat makan disekitaran hotel. Dan di Batamlah, diriku pertama kali mencoba .... Coba kalian tebak di gambar bawah ini!! WWKKWK. (maapkan yang resolusi fotonya juelek, soalnya buru2 foto karena kelaparan sangat)


Gambar 1. Daging Ikan Hiu Goreng

Itu adalah ikan hiu goreng. Ku nyobain ikan hiu dong goreng (kalau dlu pas kecil sebenarnya pernah coba sup sirip hiu, tapi karena MEHONGG πŸ’ΈπŸ’Έ gak pernah makan lagi). Jujur, aku penasaran dengan rasanya, tapi ternyata enak kokk. Kupikir bakal aneh, ternyata rasanya seperti ikan goreng biasa WKKWWK. 

Nahh cukup bercerita di Batam. Kita lanjut keesokan harinya, pagi-pagi kami berangkat ke pelabuhan untuk menyebrang ke Singapore. Untuk harga tiketnya aku lupa (sekitar 200-300K sepertinya, CIMWπŸ˜‰)

Sesampainya di Singapore, barulah aku akan bercerita seputar kulinerannya. Penasarankan apa aja sih yang aku cobain disana?? Berikut 4 kuliner yang aku coba saat berkunjung ke Singapura. CUSSS merapat kebawah

1. PEZZO

Jadi kami membeli pizza sambil menuju ke hotel, ceritanya untuk mengganjal perut yg sudah kruyukkk πŸ˜‚. Udah gitu aja makanan pertamanya KWKWKWK


2. Japanese Food 

Gambar 2. Sup Salmon Soyu


Gambar 3. Japanese Fried Rice



Gambar 3. Melon & Jelly


Sebenarnya pas kesini, aku gk tau nama restorannya. Yang pastinya disini chef itu masakin langsung makannya di depan kita, sekaligus menampilkan berbagai atraksi memasaknya WKWK (yang pasti kocak dehh πŸ˜‚ dan menghibur). Tapi untuk rasa makanannya sendiri sih, biasa aja. Dibandingkan dengan makanan Jepang lain yang pernah aku makan, ini kurang sesuai sama seleraku. Karenaa... rasa makanannya hambar gaiss (meskipun aku orangnya gak suka makanan yang asin banget, tapi ini gak cocok untukku). 

Nah, makanan pertama itu kita dikasih semacam sup salmon soyu (ini gratis kok, service dari mereka). Tapiii, yang dikasih itu bukan daging salmonnnya guyss, tapi kepala atau tulang salmon dengan sedikit daging gitu yaaa. Untuk rasanya serasa kaldu salmon dengan aroma soyu. Okelah ini, walaupun susah makannya WKWKWK πŸ˜‚

Untuk main course, kami makan nasi goreng. Nah ini nih gaiss, nasi gorengnya yang hambar. Cuma kaya makan nasi putih yang digoreng trus dikasih telur. WWKWKWK apa memang gitu ya rasa nasi goreng Jepang??

Terakhir yaitu makanan pencuci mulut, kami dikasih Melon dan Jelly. Tau gak gaiss? Apa yang kupikirkan saat liat Melonnya, aku pikir Melonnya bakalan yang manis banget kaya yang aku baca di komik-komik dan anime Jepang gitu. Ternyata melonnya kaya melon biasa WKWKWK

Makan-makan udah selesai nihh. Waktunya bayar, pas mau bayar kami 😦😦 (tercengang) dengan harganya. Beneran mahal, aku lupa berapa tapi gk wajar sih harganya untuk makanan dengan rasa seperti itu. Tapi memang, kalau menurutku yang kita bayar itu bukan makanan tapi lebih ke experience. Karena disana itu kita menonton pertunjukan chef-nya memasak dan komedi. 😹 


3.  Wanton Mee

Wanton Mee merupakan makanan favoritku, karena aku merupakan pecinta miee. Untuk rasanya manis dan gurih. Perpaduan manisn dari ayam saus BBQ ala chinese gitu dan mie nya yang asin gurih itu T.O.P. Wanton Mee tidak lengkap tanpa Wanton dong. Untuk yang aku pesan ini, Wanton Mee kuah ya. Jadi kuah Wanton-nya terpisah. Beneran ini salah satu makanan favoritku πŸ’“πŸ’“. 

- Must tryπŸ‘


 4. Hainan Chicken Rice

Yang keempat ada Hainan Chicken Rice, makanan satu ini juga makanan kesukaanku. Tapi untuk yang ini rasanya lebih ke gurih tawar yaa. Karena ini memang comfort food untuk masyarakat Chinese disana. Kalau kalian berencana ke Singapura, jangan lupa cobain ini yaa


5. Claypot Chicken Rice 

Claypot Chicken Rice merupakan nasi yang berisi ayam kecap dan lapchiong dengan aneka bumbu yang kemudian dimasak di tungku tanah liat. Nah, untuk rasanya sendiri, juga enak banget gaiss WKWKWK (hampir semua makanan aku bilang enak yaa πŸ˜‚, tapi memang bener sih orang-orang bilang aku tuh pemakan segalanya dari makanan favorit banyak orang sampai makanan yang gk disukai). Tapi percayalah padaku (percayalah padaku percayalah padakuuu, perasaan iniii... malah nyanyi πŸ˜‚πŸ˜‚). Maap-maap lanjut ke topik, untuk rasanya itu beragam ada asin dari bumbunya, manis dari lapchiongnya, dan gurih dari minyak wijennya. BEHHH mantap πŸ‘. Ini must try jugaa kalau kalian ke Singapura. 


Nah, sekian dulu dari aku yaa. Semoga ceritaku yang tersimpan dalam diary ini akan selalu tersimpan dengan baik dan suatu saat akan menjadi kenangan indah saat aku membacanya di masa depan. πŸ’“



Comments